Selasa, 09 Oktober 2012

Berdagang "Syariat Islam"

 

 

Ada sebuah hadits dari Rasulullah Muhammad Saw., yang berbunyi : ” Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China “

 

Hadits tersebut ternyata setelah banyak yang menelaah dapat mengandung maksud bahwa umat Islam diwajibkan untuk mempelajari cara orang China untuk mendapatkan kekayaan (Berdagang). Sekarang terbukti bahwa orang China telah ‘menguasai’ perekonomian dunia sehingga Amerika pun dibuat ketar-ketir.

 

 Di era saat ini orang china benar - benar mulai menguasai perdagangan dan ekonomi dunia termasuk Indonesia. Mungkin sudah seharusnya kita belajar dari orang China.  

Ingat, Nabi Muhammad Saw adalah pebisnis, sahabat Abdurrahman bin ‘Auf juga pebisnis yang kaya raya, Umar Ibnu Khaththab juga pebisnis, istri Rasulullah Saw., Khadijah, juga pebisnis, dan masih banyak lagi.

 

Selama ini umat Islam takut berbisnis karena doktrin yang salah mengenai profesi pedagang. Profesi pedagang dianggap hina dan dimarjinalkan, berbeda dengan profesi pegawai, guru, dokter, dsb.Pedagang adalah salah satu profesi yang dicintai Allah dan itu sudah ada dalam salah satu hadits yang menjelaskan bahwa 9 dari 10 jalan rezeki diperoleh lewat jalur perdagangan.

 

Kejayaan umat Islam salah satunya ditopang dengan ekonomi yang kuat dan kokoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar